Sabtu, 02 April 2011

Percayakah anda, kalau saya beritahu bahwa, saya bisa pernah mendapatkan kemewahan rasa dari mie ayam pinggir jalan, di daerah Pecenongan Jakarta Pusat, Mie Ayam grobak yang hanya buka dari jam 06.00 pagi sampai 08.30 pagi, hanya dengan harga Rp. 6000, per porsi.

Kemewahan rasa original dari mie ayam pinggir jalan, saya nikmati tanpa sambal ataupon souce botolan.

Dari pengalaman sederhana tersebut saya menyadari bahwa kenikmanata suatu masakan berkorelasi negative dengan kemewahan bahan baku yang digunakan, tapi yakin korelasinya positive dengan kesatuan rasa unik yang tercipta sebagai effect pencapuran bumbu bumbu yang pas dan serasi.

Jangan pernah takut berexpresi dalam dunia kuliner, begitu nasihat temen temen chef yang saya kenal. Berani dengan bumbu, kata para pedagang makanan yang sudah teruji dengan menbludaknya pelanggan setiap mereka memulai usaha.

Ide awal resep234 adalah suatu bentuk kecintaan dan kekaguman seorang anak kepada Ibunya, dimana setiap masakan yang disajikan selalu mengudang selera walau diolah dari bahan bahan yang sangat sederhana, mudah didapat dengan harga yang terjangkau tentu dengan tidak mengabaikan kandunga mineral yang dikandungnya. Murah bukan berarti tidak bergizi loh!.

Teringat semasa sekolah dasar, pernah saya dan kakak meminta dibuatkan masakan yang sama sampai berkali kali dalam seminggu, hanya oseng kangkung plus irisan oncom, tapi kalau diolah dengan rasa cinta dan sayang tentu hasilnya akan beda.

Melalui media resep234 penulis gunakan sebagai sarana berbagi informasi tentang kuliner indonesia, akan sangat disayangkan bila warisan budaya ini hilang tertelan kemajuan zaman, kalah bersaing dengan masakan berbau fastfood dan masakan yang serba instant. Juga melalu media ini saya secara pribadi mengundang para blogger untuk berbagi informasi tentang apa saja yang berkenaan dengan kuliner indonesia, saran dan masukan akan selalu menjadi bagian postive perkembanagannya.

Saya juga percaya, bahwa suatu saat nanti titik jenuh akan terjadi dimana banyak lapisan masayarakat akan kembali dan rindu lagi akan masakan tradisional indonesia, yang bertemakan kesederhanaan rasa, tapi kaya akan zat dan mineral penting penunjangnya.

Selamat mencoba resep resep sederhana ini,  mungkin boleh dibilang traditional tapi tidak bisa dibilang kuno, karena memiliki citarasa yang tak akan pernah lekang karena digali dan diwariskan melalui tradisi dan budaya yang sangat dinamis, bagi sebagian orang masakan merefleksikan perjalanan dinamis dari suatu budaya.

Bingung mau masak apa hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar